Kalender Hijriyah

Tahap Telur Merah

Posting Komentar
Assalamualaikum
Bismillahirrahmanirrahim
Kali ini aku akan mencari keterampilan apa saja yang aku miliki. Dari Telur Hijau ada 5 hal yang aku suka dan bisa yaitu:
1. Baking
2. Menjemur pakaian
3. Mencuci baju 
4. Memasak
5. Mengepel lantai

Dari kelima hal diatas diperlukan sebuah keterampilan. Keterampilan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai kecakapan dalam menyelesaikan tugas, mampu dan cekatan. Karena pada akhir prosesnya kita harus menjadi seseorang yang cekatan. 

Ada 3 hal yang aku prioritaskan yaitu:
1. Baking
• Mencari tahu kehalalan bahan-bahan yang dipakai
• Menggunakan resep anti gagal
• Menguasai resep yang dipilih
2. Mencuci baju
• Manajemen waktu
• Mensortir jenis pakaian yang mudah luntur
• Memisahkan pakaian yang najis dan tidak 
3. Menjemur pakaian
• Memprediksi cuaca hari itu
• Menyusun hanger yang akan digunakan
• Mengelompokkan pakaian sesuai jenis/warna 
Aku memprioritaskan hal-hal tersebut karena suatu alasan. Alasan utama karena aku bahagia melakukan hal-hal diatas, selain itu hal-hal tersebut menurut ku adalah kunci menjadikan rumah bersih. Menurut sudut pandang ku rumah yang bersih adalah rumah yang tanpa tumpukan cucian. Sehingga ketika semua baju sudah bersih, hatiku terasa lega dan bahagia. Keterampilan yang lain yaitu baking, baking menjadi self healing bagiku. Karena ketika aku memegang mixer, menghias kue, memberikan pewarna pada adonan aku merasa senang dengan semua hal itu. Walaupun terkadang hasil bakingku gagal. Tapi aku selalu menikmati setiap proses nya sekecil apapun.

Selanjutnya beberapa keterampilan tersebut akan aku masukkan ke dalam "The Eisenhower Matrix". Matriks ini terdiri dari beberapa kuadran yaitu:
1. Tidak penting dan mendesak
2. Penting dan mendesak
3. Penting dan tidak mendesak
4. Tidak penting dan tidak mendesak
Dalam telur merah harus memilih keterampilan yang ada pada kuadran penting mendesak. Aku memilih beberapa keterampilan yang "penting mendesak" yaitu:
1. Manajemen waktu 
2. Memisahkan pakaian yang najis dan tidak
3. Selalu mencari tahu kehalalan bahan-bahan kue yang digunakan
Aku memilih 3 hal tersebut karena memang beberapa alasan. Aku suka rumahku tanpa tumpukan cucian. Membiasakan untuk mencuci setiap hari. Dalam mencuci pun aku ingin terampil tidak asal mencuci, berusaha memisahkan pakaian najis dan tidak najis. Karena masih memiliki anak dibawah 3 tahun. Seringkali pakaian anak terkena najis pipis atau poop. Menurutku ini masalah urgent karena aku takut baju yang kucuci belum suci ketika tidak memisahkannya sehingga berdampak pada shalat yang tidak sah. Pada keterampilan nomor 3, aku ingin menjadi seseorang yang teliti dalam hal halal dan haram, apalagi menyangkut segala hal yang masuk ke dalam perut.
 


#bundacekatan
#tahaptelur
#tahaptelurmerah
#hutankupu-kupu
#hutankupu-kupucekatan
#regu16Metamorforself
#BanyumasRaya
#institutibuprofesional
#ibuprofesional

Ummu Abdurrahman
Banyumas, 7 Januari 2022

Related Posts

Posting Komentar