Kalender Hijriyah

Tahap Telur Hijau

Posting Komentar
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum wr.wb

Kali ini aku akan menceritakan proses pencarian potensi diriku yang ada pada tahap telur hijau di Bunda Cekatan Institut Ibu Profesional.

Syarat aktifitas itu potensi diri adalah melakukannya dengan 2E (easy dan enjoy). Aktifitas bukan hanya sekedar rutinitas atau kewajiban. Tapi "Do What Makes You Happy" yaitu melakukan segala sesuatu yang membuat kita bahagia. Karena dengan melakukan hal-hal yang membuat bahagia maka hati akan lebih ikhlas dalam menjalankan nya. Tidak menjadikan aktifitas sebagai beban yang berat. 

Pencarian potensi diri ini perlu mengklasifikasikan beberapa kegiatan-kegiatan dengan menggunakan kompas Strong Why yang terdiri dari 4 kuadran yaitu: 
1. Suka dan bisa
2. Suka dan tidak bisa
3. Tidak suka dan bisa
4. Tidak suka dan tidak bisa
Kegiatan-kegiatan yang aku lakukan akan aku klasifikasi kan dalam 4 kuadran tersebut. Dimulai dari hal yang aku suka dan bisa, aku suka sekali baking yaitu membuat kue-kue, bolu, puding, dessert. Sebelum aku menikah, waktu kuhabiskan dengan membuat kue. Selain itu aku suka menjemur pakaian, mencuci baju, memasak, mengepel lantai. Sedangkan hal yang suka dan tidak bisa yaitu melukis, aku suka melihat hasil lukisan dengan gradasi warna-warna yang terang namun aku tidak bisa melakukannya. Untuk hal yang tidak suka dan bisa, nah disini ada beberapa yaitu menyapu, membersihkan rumput, membersihkan kulkas, menyetrika, melipat baju, memasang tabung gas ketika suami tidak di rumah. Dan yang terakhir tidak bisa dan tidak suka, menunjukkan arah jalan dengan mata angin. Aku paling tidak suka jika seseorang menjelaskan arah rumahnya dengan arah mata angin. Itu sangat membingunkanku. 
Baking adalah hal yang paling aku suka karena aku selalu bahagia ketika melakukannya. Bahkan suatu hari aku pernah membuat satu kue kering selama berjam-jam karena kue ini cukup sulit harus diukur-ukur dengan penggaris dalam proses pembuatannya. Setelah melihat hasilnya dan aku berhasil membuatnya aku sangat bahagia sekali. 
(Ini foto kue kering yang aku buat selama 8 jam saat itu)

Tapi ada hal yang sangat disayangkan. Setelah aku punya anak, belum bisa aku memegang mixer lagi. Karena aku merasa sudah sangat sibuk mengurus kedua anakku. Mungkin aku harus membuat jadwal agar aku tetap bisa produktif lagi untuk baking

Di telur hijau ini aku bisa memutuskan untuk mendahulukan melakukan aktifitas yang aku suka dan bisa. Karena melakukan aktifitas tersebut membuat aku bahagia. Baru kemudian aku melakukan aktifitas-aktifitas lainnya yang kurang membuatku bahagia. 

#bundacekatan
#tahaptelur
#tahaptelurhijau
#hutankupu-kupu
#hutankupu-kupucekatan
#regu16Metamorforself
#BanyumasRaya
#institutibuprofesional
#ibuprofesional

Ummu Abdurrahman
Banyumas, 5 Desember 2021

Related Posts

Posting Komentar