Kalender Hijriyah

Pikler Mainan Kayu dengan Segudang Manfaat

Posting Komentar
Bismillahirrahmanirrahim 
Assalamualaikum 

Hari ini menyempatkan menulis lagi sedikit tentang mainan kayu yang sedang tren 5 tahun terakhir ini. Kebetulan kami juga ada Pikler di rumah jadi beberapa manfaatnya  based on experience yang aku alami sendiri. Di tulisan ini aku akan bahas tentang Pikler secara mendetail. Ada yang sudah tau apa pikler atau mungkin sudah punya Pikler di rumahnya? Yuk kita bahas... 

Pikler adalah bingkai panjat kayu khusus untuk balita dan anak kecil. 

Emmi Pikler, seorang dokter spesialis anak di Budapest, Hungaria adalah orang pertama yang memperkenalkan pikler. Dokter Emmi merancang tangga kayu berbentuk segi tiga sama sisi sekitar 100 tahun yang lalu untuk mengontrol mobilitas balita yang kadang tak terkendali.

"If we give children enough space and possibilities for free movement, they will move as beautifully and gracefully as animals: nimbly, simply, confidently and naturally" - Dr Emmi Pikler

Pikler berbentuk tangga segi tiga sama sisi, dilengkapi dinding panjat terbuat dari kayu pipih nan kokoh yang bisa difungsikan sebagai seluncuran atau perosotan. Pikler dapat digunakan untuk anak-anak usia 6 bulan hingga sekitar 4-5 tahun. Pikler tingginya bisa diatur. Jadi biarkan anak mengeksplorasi bingkai kayunya secara perlahan, seiring waktu, dan mengikuti pertambahan umur.

Pikler triangle mendorong anak bergerak bebas, mandiri, dan belajar mengembangkan kepercayaan diri sesuai dengan kemampuan sendiri, tanpa bantuan orang tua. Instrumen bermain ini juga meningkatkan kecerdasan kognitif dengan cara merangsang imajinasi anak. 

Kenapa sih perlu punya Pikler? 
Yap karena Pikler itu ternyata banyak manfaatnya lho. Nah beberapa manfaat  Pikler untuk Bayi dan Anak-anak diantaranya adalah;

1. Mendorong Perkembangan Motorik Kasar.
Keterampilan motorik kasar adalah gerakan tubuh yang lebih besar, seperti memanjat, merangkak, berjalan atau menendang bola. Pentingnya untuk mendorong perkembangan motorik kasar pada anak-anak karena akan memengaruhi keseimbangan dan koordinasi dalam proses perkembangannya. Pikler triangle melibatkan latihan otot tangan, kaki, lengan, dan batang tubuh.

2. Memperkuat Otot-otot Tangan 
Bermain Pikler akan membantu anak memperkuat otot-otot tangan mereka dalam persiapan menulis nantinya. 

3. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri dalam Diri Anak 
Dengan bermain Pikler anak akan berani memanjat dari tangga rendah ke tangga yang tinggi. Sehingga tumbuhlah rasa percaya diri ketika mereka merasa berhasil melakukan sesuatu yang baru dengan mainannya. 

4. Meningkatkan Imajinasi Anak
Imajinasi memengaruhi prospek karier dan masa depan mereka. Anak-anak imajinatif berani bermimpi dan mengubah mimpi itu menjadi tujuan jangka panjang. 
Pikler bisa jadi bermacam macam hal yang meningkatkan daya imajinasinya. 
Contohnya:
- Jadi seluncuran mobil
- Tenda-tendaan 
- Gua
- Rumah
- Bingkai Panjat 

Let the child be the scriptwriter, the director and the actor in his own play.”Magda Gerber

5. Memperbaiki Defisit Propriosepsi
Propriosepsi adalah cara bagaimana anak merespons rangsangan dari orang lain atau lingkungan sekitarnya. Ini faktor penting dalam tumbuh kembang anak.

Anak sadar bahwa kakinya sedang menginjak rumput, pasir, lumpur, batu, atau duri, tanpa harus melihat apa yang mereka sentuh. Ini contoh dari propriosepsi.

6. Melatih Keseimbangan 
Dengan bermain pikler anak dilatih untuk menyeimbangkan tubuhnya ketika sedang memanjat tangga, bagaimana kakinya memijak tumpuan dengan tepat, tangannya berpegangan pijakan kayu lainnya agar tidak terjatuh. Belajar keseimbangan tubuh dan koordinasi gerakan tangan & kaki. 

7. Meningkatkan Kemandirian Anak
Pikler triangle memungkinkan anak belajar berdiri, berjalan, memanjat secara mandiri. Anak akan berusaha untuk menyelesaikan masalahnya sendiri saat bermain Pikler. 

Dengan merasakan langsung bermain, anak dapat melatih kemandirian nya karena beberapa hal dibawah ini:
(1) Sense of safety (aman gak ya aku kalau melangkah sejauh ini?)
(2) Find boundaries and limit (naik ketika anak siap, segini batas aku bisa naik sekarang)
(3) Stabilitas, kontrol tubuh, keseimbangan
(4) Motor planning (habis ini aku harus apa? Gerakan selanjutnya apa ya biar aku bisa naik / turun?)

Anak kita belajar kemandirian sejak usia dini. Mereka menjadi lebih percaya diri dan ini jelas berguna bagi kehidupan mereka di masa depan.
Yang terakhir, menurutku jika kalian ada rencana beli perosotan bahan plastik lebih baik dipikirkan lagi dan lebih memilih Pikler saja. Aku merekomendasikan Pikler karena InshaAllah lebih banyak manfaatnya. Kalau dari harga juga gak beda jauh sama perosotan plastik dan dilihat dari bentuknya yang unik & sederhana tapi ternyata pikler lebih memunculkan daya imajinatif dibanding perosotan plastik biasa yang bentuknya monoton atau gitu-gitu saja. Sedangkan Pikler bisa dijadikan macam-macam menyesuaikan dengan daya imajinatif masing-masing anak. Pikler ini sudah banyak dijual di e-commerce ya. Bisa pake keyword "Pikler Triangle" atau "Pikler". Semoga tulisan ini bisa menjadi insight bermanfaat. Barakallahu fiikum. 

Ummu Abdurrahman 
Ditulis 25 Januari 2023
Banyumas, 1 Mei 2023

Source : 
Bundalogy
Mamanda Blog 
The Montessori Minded Mom 
Little Big Learning 




Related Posts

Posting Komentar