Kalender Hijriyah

Pengalaman Pertama jadi Speaker Live Instagram

Posting Komentar
Bismillahirrahmanirrahim 
Assalamualaikum

Sudah lama tidak mengisi tulisan di blog ini. Hari ini mengisi lagi setelah sekian lama, terakhir mengisi di blog ini bulan mei kayaknya. Kali ini mau cerita tentang pengalaman pertama jadi speaker secara live di Instagram @cityhexagon. Jadi setiap mahasiswi di Bunda Produktif Batch 3 ini mulai tanggal 1-21 September diwajibkan untuk menjadi speaker dan memilih salah satu platform yang disediakan tim untuk live Instagram berbagi dan bercerita pengalaman dan passion yang sudah dijalani. Inilah ceritaku. 

MashaAllah hari ini jumat 15 September 2023 adalah pengalaman pertamaku menjadi speaker secara live. Belum pernah sama sekali aku menjadi speaker. Tapi kali ini aku diwajibkan mengambil peran yang satu ini dan hal ini sangat challenging sekali, karena aku sedang menjadi mahasiswi di Bunda Produktif Batch 3. Di Bunda Produktif Batch 3 ini aku diwajibkan menjadi speaker karena berpartisipasi dalam HCVC 2023. Apa sih HCVC ini? Jadi HCVC ini singkatan dari Hexagon City Virtual Conference HCVC ini adalah sebuah konferensi perempuan terbesar di dunia yang diselenggarakan oleh ibu profesional sebagai wadah untuk melakukan sharing secara live sesuai dengan passion masing-masing para perempuan Indonesia dan dunia di beberapa platform di Hexagon City. Hexagon City memiliki 4 platform, ada youtube, facebook, instagram, dan zoom.

Sejujurnya rasa degdegan luar biasa karena memang ini pengalaman pertama menjadi speaker. Persiapannya sudah sejak awal HCVC dimulai, aku mulai memikirkan materi atau sharing apa yang akan dibagikan di live nanti. Setelah berpikir panjang, dan InshaAllah sharing ini memang sudah aku terapkan dalam membersamai anak-anak. Jadi aku mengambil tema "Manajemen Gadget pada Anak Usia Dini". 2 minggu sebelum hari tampil aku membuat materi tentang manajemen gadget pada anak usia dini. Hal apa saja yang ingin aku bagikan nanti. Beberapa informasi yang aku bagikan di live yaitu 
1. Tentang apa itu manajemen gadget? 
2. Langkah-langkah yang dilakukan dalam manajemen gadget pada anak
3. Rekomendasi usia anak terkait waktu menonton layar gadget 
4. Akibat negatif yang ditimbulkan ketika bermain gadget secara berlebihan 
5. Tips Mengatur Penggunaan Gadget terhadap anak
6. Aktivitas yang dapat dilakukan untuk mengurangi penggunaan gadget terhadap anak usia dini
7. Cara agar anak terhindar dari kecanduan gadget

Tiba saatnya hari itu Jumat 15 September 2023 pukul  16.00 sore. Semakin degdegan MashaAllah, tapi karena aku sudah mempersiapkan skrip jadi rasa degdegan itu mulai berkurang dan semakin berkurang saat di menit ke 30. Di menit-menit awal sedikit ada rasa sedih karena belum ada penonton, tapi alhamdulillah mulai bertambah seiring berjalannya waktu. Mulai dari 2 penonton bertambah menjadi 11 penonton. Dan memang bertambahnya penonton membuat hati ini semakin senang dan lebih bersemangat. Aku juga mulai enjoy bercerita tentang pengalamanku memanaj gadget untuk anakku, memperkenalkan beberapa mainan andalan anak-anak yang sering dimainkan dan bikin anteng anak-anak berjam-jam. Nah disini mulai semakin berkurang degdegannya, bahkan sampai tidak terasa sudah banyak berbicara dan waktu 1 jam sudah mau habis tinggal beberapa menit tersisa. MashaAllah. Alhamdulillah hcvc hari itu lancar walau sedikit terengah-engah saat berbicara, karena bicara terus-menerus selama satu jam tanpa jeda. 
Untuk siaran ulang live bisa ditonton disini yaa

Aku ingin berterimakasih kepada hexagon city yang telah membuat sebuah HCVC 2023 ini. Karena hcvc ini aku mendapat pengalaman terbaik menjadi seorang speaker. Semoga kedepannya hcvc akan lebih luas lagi dan mendunia, menambah lebih banyak platform agar bisa banyak pilihan platform untuk para speaker. Sekali lagi terimakasih hexagon city telah menjadi wadah para perempuan untuk bertumbuh, bermanfaat, bermakna untuk banyak orang secara luas. Aku bersyukur sekali bisa berada di hexagon city (Kota Produktif, Warga Kreatif Penuh Solusi). Saat ini aku mulai lebih percaya diri atas kemampuanku, bahwa aku bisa lebih bermanfaat untuk orang lain. MashaAllah... 

Ummu Abdurrahman 
Banyumas, 16 September 2023 

Related Posts

Posting Komentar