Kalender Hijriyah

Balance Bike Sepeda Keseimbangan yang Banyak Manfaatnya

Posting Komentar
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum

Hari ini aku menyempatkan menulis lagi setelah cukup lama tidak menulis. Kali ini aku ingin membahas tentang Balance Bike. Mungkin sudah banyak yang tahu tentang Balance Bike  karena sepeda model ini sedang tren.
Sebelum nya mau cerita sedikit kenapa memilih balance bike untuk anak keduaku dibanding sepeda roda tiga. Jadi dulu anak pertama belum sempat di stimulasi dengan balance bike karena memang dulu aku belum tahu banyak informasi tentang balance bike. Tapi setelah anak kedua lahir banyak sekali di ig reel, orang tua yang memilihkan balance bike untuk anaknya. Nah dari sini aku mulai penasaran dengan belance bike dan kemudian aku mencari tahu banyak hal tentang sepeda ini.

Jadi apa sih itu balance bike? Balance bike adalah jenis sepeda yang memiliki bentuk yang berbeda dari sepeda anak biasa, karena sepeda ini tidak memiliki pedal. 

Dulu anak-anak biasanya belajar bersepeda menggunakan sepeda roda tiga atau sepeda roda empat. Namun, kini ada sepeda model baru untuk anak-anak belajar naik sepeda, yaitu balance bike

Berbeda dengan sepeda pada umumnya, balance bike tidak memiliki rantai dan pedal. Untuk mengendarainya, anak hanya perlu mendorongnya dengan kaki dan menjaga keseimbangan tubuhnya.

Sadel atau dudukan sepeda pada balance bike dibuat rendah, sehingga anak dapat menapakkan kakinya. Sepeda ini bisa mulai diperkenalkan kepada anak sejak ia bisa berjalan dan berlari, yaitu sekitar usia 18 bulan.

Balance bike juga memiliki bobot yang lebih ringan daripada sepeda anak biasa, sehingga mudah dikendarai oleh batita. Meski begitu, sepeda ini juga masih bisa digunakan hingga anak berusia 4 tahun.

Dan ternyata selain desain yang unik balance bike juga memiliki banyak manfaat yaitu 

1. Mengembangkan Keseimbangan 
Balance bike membantu anak-anak mengembangkan keterampilan dasar keseimbangan, yang merupakan langkah penting dalam belajar bersepeda.

2. Meningkatkan Koordinasi 
Penggunaan balance bike juga membantu meningkatkan koordinasi antara mata, tangan, dan kaki anak.

3. Mengurangi Ketakutan
Dengan tidak ada roda bantu atau pedal, anak-anak merasa lebih aman dan kurang takut saat belajar bersepeda.

4. Transisi yang Mudah
Ketika anak telah menguasai keseimbangan, transisi ke sepeda dengan pedal lebih mudah dan kurang menakutkan.

5. Pengembangan Keterampilan Motorik
Mengendarai balance bike juga membantu mengembangkan keterampilan motorik anak-anak, termasuk kemampuan mengendalikan sepeda dan menghindari hambatan.

6. Peningkatan Kepercayaan Diri 
Berhasil menguasai keterampilan bersepeda dengan bantuan balance bike dapat meningkatkan rasa percaya diri anak-anak.

7. Peningkatan Kesehatan
Seperti bersepeda pada umumnya, menggunakan balance bike membantu meningkatkan kebugaran fisik anak-anak dan mengajarkan gaya hidup aktif.

8. Konektivitas dengan Alam 
Mengendarai balance bike juga dapat memungkinkan anak-anak untuk lebih terhubung dengan alam dan lingkungan sekitar mereka.

MashaAllah banyak sekali yah manfaat dari balance bike ini. Untuk harganya pun tergolong tidak terlalu mahal, tapi ada juga sih yang mahal kalo memang yang branded. Hanya saja menurutku karena sepeda ini tuh gak kepakai lama jadi lebih baik beli yang murah-murah aja, karena fungsinya sama. Tapi kalau memang punya bugdet lebih boleh juga sih beli yang mahal, karena pasti kualitasnya juga lebih bagus. 

Lanjut cerita yah, nah karena anak keduaku saat ini berusia 24 bulan, aku ingin melihat kira kira di usia berapa ia akan bisa menggunakan sepeda roda dua. Beberapa orang bilang bahwa dengan menggunakan balance bike anak akan lebih mudah transisi ke sepeda roda dua. Ceritanya masih akan berlanjut, apakah memang balance bike ini membuat anak lebih mudah untuk belajar sepeda roda dua? Tunggu jawabannya di cerita selanjutnya ya. InshaAllah akan kubuktikan nanti ketika anak kedua sudah mulai ahli menggunakan balance bike, dan sudah berhasil transisi ke sepeda roda dua. Tunggu cerita selanjutnya ya...
Sumber : alodokter.com

Ummu Abdurrahman
Banyumas, 26 September 2023

Related Posts

Posting Komentar