Kalender Hijriyah

Jenis-jenis Gendongan

Posting Komentar

Jenis-jenis Gendongan
Bismillah
Allohumma Shalli ala Muhammad, Amma ba’d

Assalamu’alaikum
Masih tentang per-gendongan. InshaAllah hari ini aku akan nulis tentang jenis-jenis gendongan. Ternyata banyak sekali jenis gendongan saat ini. Apa sih jenis-jenisnya? Yuk kita lihat!

1.     Strechy Wrap
Stretchy wrap adalah gendongan berbahan dasar kain katun yang elastis. Biasa digunakan untuk menggendong bayi yang baru lahir. Panjangnya sekitar 4.5 m. Jenis gendongan ini pemakaiannya dililit-lilit sehingga sangat skin to skin dengan bayi, bahanya lembut, dan sangat nyaman. Tapi untuk memasanganya memang tidak instan tapi perlu berlatih. Practice makes perfect! Tapi sekarang ada juga kok jenis instan strechy wrap. Untuk strechy wrap sendiri hanya bisa satu teknik lilit yaitu PWCC (Pocket Wrap Cross Carry).
Jenis gendongan ini sudah aku terapkan untuk menggendong Abdurrahman. Seriously, ini gendongan nyaman sekali dan snug ketika dipakai. Recommended untuk gendong baby Newborn (baru lahir). Bayiku sudah sejak 1 bulan digendong dengan gendongan jenis ini.


2.  Woven Wrap
Woven wrap ini mirip dengan strechy wrap cara pemakaiannya hanya saja bahannya yg beda. Woven wrap bahannya tidak melar.
Woven wrap biasa dijual per-size, jadi dapat mengikuti umur anak yang digendong. Misal untuk bayi baru lahir ukuran S, sedangkan untuk anak umur 5 tahun ukuran L atau XL. Untuk woven wrap bisa banyak teknik lilit dan kuat menopan beban berat juga sebab ada ukuran- ukurannya.

3. Ring Sling
Ring sling merupakan jenis gendongan yang paling mirip dengan jenis gendongan kain zaman dulu. Bedanya, kain ini ujungnya diselipkan pada sebuah ring hingga membentuk simpul, dan cara pemakaiannya disampirkan pada satu bahu.
Jenis gendongan ini termasuk yang dalam pemakaiannya mudah. Karena mirip jarik yang biasa orang tua kita dulu gunakan.

4. Jarik
Jenis gendongan yang sangat mudah dicari di manapun. Harganya pun murah. Tapi jarik juga beban hanya bertumpu pada satu tumpuan. Sehingga akan pegal ketika bayi bertambah berat.

5. Pouch Sling
Jenis gendongan ini mirip sekali dengan ring sling, hanya perbedaannya tidak dapat diatur panjang pendeknya seperti ring slingPouch sling biasanya merupakan kain yang sudah dijahit ujungnya, berbahan elastis, dan cara penggunaannya tinggal dikalungkan saja.
Jenis gendongan ini kurang aman dan nyaman karena beban hanya pada satu tumpuan jadi pasti akan pegal.


6. SSC (Soft Structured Carrier)
Soft Structure Carrier (SSC) adalah jenis gendongan yang biasa digunakan untuk menggendong anak umur 4 bulan sampai 5 tahun. Bentuknya mirip backpack, bisa digunakan untuk menggendong hadap depan maupun belakang.
Jenis gendongan ini nyaman dan praktis. Ssc juga gendongan yang aku punya untuk menggendong Abdurrahman. Hanya belum aku coba karena  jenis ssc yang aku punya tidak bisa digunakan dari Newborn. Sebenarnya ssc juga ada yang bisa digunakan dari newborn. Digunakannya diatas 6 bulan supaya sudah pas posisi menggendongnya. InshaAllah akan aku review gendongan ssc yang aku punya nanti jika memang nyaman. 

7. Mehdai
Mehdai sangat mirip dengan soft structure carrier (SSC), bedanya jenis gendongan ini agak sedikit lebih ribet dibanding SSC karena menggunakan tali untuk mengikatnya. Sedangkan SSC sendiri lebih simple karena menggunakan strap yang tinggal satu kali setting.
Jenis gendongan ini berasal dari Cina. Penggunaannya lebih praktis dibanding woven wrap.

8. Onbuhimo
Onbuhimo berasal dari Jepang yang berarti "Gendong Belakang". Mirip seperti tas ransel bentuknya. Sehingga biasa digunakan untuk menggendong posisi belakang.
Jenis gendongan ini direkomendasikan untuk  bayi diatas 6 bulan yang sudah bisa duduk mandiri.

9. Hip Seat
Gendongan berstruktur dengan area "tempat duduk" bagi bayi. Biasanya dapat dilepas pasang dari body panel-nya, untuk dipakai hanya dudukannya saja.
Jenis gendongan ini direkomendasikan untuk bayi diatas 6 bulan yang sudah bisa duduk mandiri untuk meminimalisir resiko.

10. NBC (Narrow Based Carrier)
Narrow Based Carrier merupakan jenis gendongan yang bentuknya mirip dengan SSC, tapi termasuk dalam jenis gendongan yang tidak nyaman dan kurang direkomendasikan. Bentuk gendongan ini tidak pas di kaki anak (membentuk V-shape bukan M-shape) dan membuat kaki anak menggantung saat digendong. Sehingga tidak disarankan menggunakan gendongan jenis nbc karena jika dipakai dalam jangka waktu lama, struktur kaki anak bisa berubah.
Jenis gendongan ini pun kurang nyaman untuk penggendong.

Ini dia jenis-jenis gendongan jaman sekarang. Bertambahnya jaman berarti semakin luasnya juga ilmu pengetahuan. Jadi,  sudahkah bayimu digendong dengan nyaman dan aman sesuai rekomendasi para konsultan menggendong?!? Happy babywearing!

Referensi :
popmamadotcom,
ig mommygolda (konsultan menggendong)
Indonesian babywearers
Alhamdulillah
Wallohu a’lam
Banyumas, 27 September 2019
Ummu Abdurrahman

Related Posts

Posting Komentar